SLA

Service Level Agreement (Perjanjian) yang selanjutnya disebut SLA merupakan kontrak antara perusahaan atau perseorangan sebagai pelanggan dan 1Souvenir sebagai produsen souvenir relasi. Pelanggan harus menyetujui semua syarat dan ketentuan yang ada dalam SLA. 1Souvenir juga berhak mengubah isi SLA tanpa memberitahukannya kepada pelanggan.

Produk dan Layanan

1Souvenir memberikan pelayanan dalam pembuatan souvenir relasi sesuai dengan harga, desain, spesifikasi produk, dan waktu pengerjaan yang telah disepakati.

Desain Penawaran

Desain penawaran dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan berdasarkan bahan dasar, teknik produksi, lama waktu pengerjaan, dan harga. Apabila desain penawaran yang dibuat 1Souvenir tidak jadi diproduksi, desain penawaran tersebut tidak boleh digunakan tanpa seizin pihak 1Souvenir.

Pembayaran

Pembayaran uang muka dan pelunasan dapat ditransfer ke rekening 1souvenir dengan menyertakan bukti pembayaran. Adapun ketentuan pembayaran uang muka dan pelunasan adalah sebagai berikut.

a. Pembayaran uang muka (DP) minimal sebesar 50% dari total biaya pemesanan.
b. Pelunasan pembayaran dan biaya kirim dibayarkan sebelum barang dikirimkan.

Pembayaran dapat dilakukan di akhir jika 1Souvenir menerima pesanan dengan PO, Surat Perintah Kerja (SPK), atau Surat Pemesanan sebelum produksi dimulai. Pembayaran di akhir hanya berlaku untuk perusahaan BUMN dan instansi pemerintah. Pembayaran juga harus segera dilunasi dengan tidak melebihi tenggat waktu pembayaran yang telah disepakati oleh pelanggan dan 1Souvenir.

Produksi

Produksi akan dilakukan setelah adanya kesepakatan desain, spesifikasi, dan perkiraan lama waktu produksi. Selain itu, produksi juga akan berjalan setelah dilakukan pembayaran uang muka (DP) atau PO untuk perusahaan BUMN dan instansi pemerintah.

Pembatalan atau pemberhentian produksi dengan desain, spesifikasi, dan perkiraan waktu produksi yang sudah disepakati serta uang muka sudah dibayarkan, beban produksi yang dilakukan 1Souvenir menjadi tanggung jawab pelanggan.

Lama Waktu Produksi

Lama waktu pengerjaan akan dimaksimalkan sesuai dengan kesepakatan awal. Jika ada permintaan waktu produksi menjadi lebih cepat dari yang sudah disepakati, tidak bisa dijanjikan dan akan tetap melihat kondisi bagian produksi serta tingkat kerumitan pengerjaan. Jika terjadi keterlambatan produksi atau waktu produksi mundur, 1Souvenir akan menegosiasikan dengan pelanggan.

Ekspedisi Pengiriman

Pilihan pengiriman souvenir relasi biasanya menggunakan rekomendasi dari 1Souvenir. Akan tetapi, keputusan tetap di tangan pelanggan. 1Souvenir melakukan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang lama pengirimannya menjadi tanggung jawab pihak ekspedisi.

Biaya kirim yang disampaikan kepada pelanggan sesuai dengan yang ditetapkan pihak ekspedisi. 1Souvenir tidak mengambil keuntungan dari biaya kirim yang disampaikan. 1Souvenir juga akan memberikan nomor telepon pihak ekspedisi kepada pelanggan jika memang diperlukan.

Kerusakan souvenir relasi karena pengiriman bukan tanggung jawab 1Souvenir. Akan tetapi, 1Souvenir akan memberikan perbaikan produk secara gratis dengan bebas biaya kirim. Syaratnya, produk dikirimkan kembali ke 1Souvenir oleh pelanggan dengan biaya kirim menjadi tanggungan pihak pelanggan.

Penyimpanan Produk

Penyimpanan produk di 1Souvenir terjadi karena pelanggan tidak bisa atau tidak melunasi pembayaran. Selain itu, bisa terjadi karena pelanggan tidak bisa dihubungi lebih dari dua bulan. Maksimal penyimpanan produk sudah jadi dan di-packing adalah 1 bulan. Apabila penyimpanan melebihi batas waktu yang sudah ditentukan, 1Souvenir tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan produk atau produk hilang.

Jika di kemudian hari pelanggan menjalin hubungan kembali dengan 1Souvenir, uang muka yang sudah diterima 1Souvenir tidak bisa dikembalikan. Akan tetapi, 1Souvenir tetap bisa membuatkan produk yang serupa dengan sebelumnya. Namun, kerugian dari pekerjaan sebelumnya akan tetap menjadi tanggungan pelanggan.

Terakhir Diperbarui 20 Desember 2021