Luggage Tag Flores Weaved Craft

Luggage Tag Flores Weaved Craft

Filosofi Nilai budaya luhur dibalik sebuah lembaran kain

sumber: https://travel.kompas.com/read/2019/02/19/121900427/berkunjung-ke-sentra-tenun-sulam-rana-tonjong-di-flores-barat-?page=all
Kain Tenun Flores

Tenun ikat atau kain ikat adalah kriya tenun Indonesia berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah.

Sebelum ditenun, helai-helai benang dibungkus (diikat) dengan tali plastik sesuai dengan corak atau pola hias yang diingini. Ketika dicelup, bagian benang yang diikat dengan tali plastik tidak akan terwarnai. Tenun ikat ganda dibuat dari menenun benang pakan dan benang lungsin yang keduanya sudah diberi motif melalui teknik pengikatan sebelum dicelup ke dalam pewarna.

Teknik tenun ikat terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang terkenal dengan kain ikat di antaranya: Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Kain gringsing dari Tenganan, Karangasem, Bali adalah satu-satunya kain di Indonesia yang dibuat dari teknik tenun ikat ganda (dobel ikat).[1]

Kain ikat dapat dibedakan dari kain songket berdasarkan jenis benang. Songket umumnya memakai benang emas atau perak. Motif kain songket hanya terlihat pada salah satu sisi kain, sedangkan motif kain ikat terlihat pada kedua sisi kain.

Bahan Kulit Exclusive

Kulit binatang yang diawetkan. Ini dapat dibagi menjadi dua kategori utama: jangat, yang diambil dari kulit hewan besar seperti kuda dan kerbau; dan kulit, yang diambil dari hewan kecil seperti babi, kambing, domba, reptil dan burung. Jangat dan kulit terdiri dari tiga lapisan: lapisan atas, atau epidermis, yang memiliki bulu atau rambut yang tumbuh darinya; lapisan tengah, atau corium; dan lapisan bawah lemak atau daging (jaringan adiposa). Lapisan atas dan bawah dihancurkan sebelum proses penyamakan, dan hanya corium yang digunakan untuk membuat kulit. Permukaan corium ditandai oleh butiran, dibentuk oleh lubang-lubang folikel rambut, dari mana asal kulit dapat ditentukan. Kulit kuat namun fleksibel, dan dapat diperlakukan sekuat papan atau selembut kain tenun. Struktur berseratnya memungkinkan untuk dicetak dan diatur, dan juga akan mengambil banyak bentuk hiasan. Ini digunakan untuk pakaian dan alas kaki, baju zirah, baju zirah dan kain pelana, penjilidan buku, jok dan berbagai barang dekoratif dan utilitarian.

Desain Luggage Tag Flores Weaved Craft

Kami mendesain dan menawarkan sisi lain dari budaya ethnic dibalik souvenir yang tidak akan anda bayangkan sebelumnya. Kekuatan produk kulit unggulan Indonesia dipadu dengan kain khas tenun Flores memberikan daya tarik tersendiri bahwa kebudayaan yang tinggi menghasilkan kenangan dan juga kesan baik untuk semua yang pernah mengunjungi Indonesia.

Pesan Sekarang!
Pesan Lewat WhatsApp