Mengenali Lebih dalam Bahan dan Teknik Pembuatan Produk Kerajinan Logam

Produk Kerajinan Logam: Kenali Bahan dan Teknik Pembuatannya

Produk kerajinan logam adalah pilihan souvenir elegan untuk berbagai event. Hal ini karena produk kerajinan dari bahan metal memiliki ketahanan yang lebih baik daripada jenis bahan lainnya. Selain itu, logam dapat pula di-finishing dengan warna emas atau silver yang memberikan kesan elegan. Namun, apa saja kerajinan yang cocok untuk souvenir?

DETAIL-KL208 Kerajinan Logam Prodone
DETAIL-KL208 Kerajinan Logam Prodone

DETAIL-KL205 Kerajinan Logam Pusri Palembang
DETAIL-KL205 Kerajinan Logam Pusri Palembang

DETAIL-KL209 Kerajinan Logam BBRSPDI Kartini
DETAIL-KL209 Kerajinan Logam BBRSPDI Kartini

DETAIL-KL206 Kerajinan Logam NPCT1
DETAIL-KL206 Kerajinan Logam NPCT1

DETAIL-PL213 Plakat Logam INLA Jatim
DETAIL-PL213 Plakat Logam INLA Jatim

DETAIL-PL223 Plakat Logam Pemkab Way Kanan
DETAIL-PL223 Plakat Logam Pemkab Way Kanan

DETAIL-PL211 Plakat Logam Satgas Yonif Raider 200 BN
DETAIL-PL211 Plakat Logam Satgas Yonif Raider 200 BN

DETAIL-PL208 Plakat Logam Dekranasda Kota Padang Panjang
DETAIL-PL208 Plakat Logam Dekranasda Kota Padang Panjang

Apa saja produk kerajinan dari logam?

Tentunya, ada beragam produk kerajinan dari logam. Namun, tidak semua jenis kerajinan dapat dijadikan sebagai souvenir. Peralatan makan, seperti sendok dan garpu dari bahan stainless steel, adalah salah satu jenis produk yang bisa dijadikan kenang-kenangan dalam momen pernikahan. 

Ada juga pilihan medali dan piala yang terbuat dari bahan logam. Pada umumnya, medali dan piala berbahan logam dimanfaatkan sebagai souvenir penghargaan. Berbagai event kejuaraan memberikan medali dan piala untuk pemenang sebagai apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan yang dilakukan.

Selanjutnya, ada pilihan souvenir miniatur dan plakat. Kedua jenis kerajinan tersebut biasanya menjadi pilihan bagi perusahaan yang hendak membuat souvenir. Kedua produk kerajinan dari logam tersebut dapat dikustomisasi dengan menunjukkan identitas perusahaan sehingga terasa lebih representatif sebagai souvenir.

Apa bahan utama kerajinan logam?

Memang ada beragam jenis logam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Setiap jenis logam memiliki karakteristik sendiri sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik jika hendak menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa pilihan logam yang cocok untuk membuat kerajinan.

  • Aluminium: Logam aluminium memiliki karakteristik yang tahan terhadap korosi atau dapat dikatakan antikarat. Karena itulah, logam ini kerap dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga, seperti panci dan ceret. Hanya saja, perabotan dari aluminium memiliki kelemahan yang membuatnya mudah penyok.
  • Baja: Perpaduan antara besi putih dan karbon menghasilkan baja. Karakteristik yang menonjol dari logam ini adalah mudah untuk ditempa. Selain itu, produk yang dibuat dari bahan terbilang keras dan sangat kuat serta tahan korosi. Hal inilah yang menjadikannya sering dimanfaatkan untuk peralatan makan dan masak.
  • Stainless steel: Sebutan lain dari stainless steel adalah baja putih tahan karat. Hal inilah yang membuatnya sempurna sebagai pilihan bahan untuk membuat kerajinan. Hiasan dinding kerap dibuat dari bahan logam yang satu ini karena meski dipajang dalam waktu lama nilai estetikanya tetap ada.
  • Kuningan: Sifat kuningan yang menjadi kelebihannya adalah mudah untuk dibentuk. Hal ini karena kuningan mudah dituang, disolder, hingga dilas. Berbagai peralatan rumah tangga dan souvenir banyak yang dibuat dari bahan kuningan. Misalnya saja, souvenir miniatur untuk kenang-kenangan perusahaan.
  • Tembaga: Warna merah muda dari logam tembaga tampak menarik sehingga terkadang tetap dipertahankan dalam pembuatan kerajinan. Jenis logam ini lebih sering digunakan sebagai isian kabel karena dapat menghantarkan listrik dengan baik. Beberapa souvenir pun ada yang dibuat dari bahan ini.

Membuat produk kerajinan logam

Pembuatan kerajinan logam tentu tidak dapat dilakukan secara mandiri. Pasalnya, membutuhkan keahlian khusus serta peralatan yang memadai. Di samping itu, perlu teknik yang memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Biasanya, teknik cor dimanfaatkan untuk membuat kerajinan agar bentuknya sesuai dengan ekspektasi.

Selain itu, untuk finishing-nya, kerajinan logam biasanya, melewati proses plating untuk pewarnaan. Hal ini membuat kerajinan bisa dipoles dengan warna emas atau silver sehingga tampak lebih berkelas dan berkesan. 

Bila Anda hendak membuat kerajinan dari bahan logam, silakan percayakan ke pusat pembuatan kerajinan yang berpengalaman.