Cara Membuat Plakat Resin

Cara Membuat Plakat Resin

Plakat merupakan sebuah seni yang memadukan tulisan dan gambar yang dituangkan dalam suatu material tertentu. Tujuan dari plakat ini antara lain sebagai souvenir acara, kenang-kenangan, ataupun tanda ucapan terima kasih. Untuk media pembuatan plakat, banyak bahan atau material yang bisa dipilih. Dahulu plakat biasa menggunakan material kayu, logam, ataupun batu marmer. Saat ini material lain yang banyak digunakan antara lain acrylic dan fiberglass atau resin. Salah satu bahan yang memiliki keunikan dan cukup mudah dikreasikan adalah resin atau fiberglass. Meskipun banyak yang jual plakat resin, namun anda juga bisa membuatnya sendiri.

plakat resin asian studies
Plakat Resin Asian Studies

Material fiberglass memiliki keunggulan tersendiri dibanding material lain, sebab bahan ini dapat dibentuk menjadi berbagai model baik 2 ataupun 3 dimensi. Untuk membuat bentuk modelnya, dibutuhkan cetakan tertentu sehingga memudahkan untuk pembuatan dalam jumlah banyak. Umumnya model plakat resin, di bagian tengah cetakan akan disisipkan gambar atau tulisan tertentu yang memberi efek menarik dari plakat ini. Bahan resin juga mudah ditemukan di toko-toko bahan kimia, sehingga anda sendiri bisa mencoba membuat plakat sesuai kemauan anda. Berikut ini hal-hal yang akan berpengaruh terhadap cara membuat plakat resin:

  1. Model

Hal pertama yang wajib anda tentukan sejak awal adalah model plakat seperti apa yang hendak anda buat. Ada banyak desain plakat resin yang bisa anda lihat di mesin pencarian internet. Dalam hal ini yang perlu anda perhatikan adalah bentuk serta ukuran plakat yang hendak dibuat. Pastikan anda memperkirakan ukuran volumenya agar tidak terlalu besar ataupun proporsinya menjadi tidak sesuai. Bentuk plakat juga harus anda ukur. Apakah plakat konvensional yang berbentuk persegi, atau plakat 3 dimensi yang memiliki banyak lekuk dan detail. Perhatikan setiap sudut dan lekukannya agar tidak membuat anda salah dalam pembuatan cetakan nantinya.

  1. Ketebalan Plakat

Ketebalan plakat juga menjadi hal penting selanjutnya setelah anda menentukan model yang hendak dibuat. Ketebalan plakat ini akan berpengaruh pada ketebalan media cetaknya nanti. Selain itu, ketebalan plakat juga akan mempengaruhi banyak sedikitnya bahan baku yang anda butuhkan. Banyak model plakat resin yang ditawarkan biasanya cenderung tipis dan tidak terlalu tebal, terutama untuk model standart.

  1. Ukuran Plakat

Sebagai pemula, ukuran plakat yang hendak dibuat tentu harus presisi.  Ketepatan pengukuran tidak hanya membuat plakat tersebut memiliki detail yang baik, namun juga anda bisa mempertimbangkan komposisinya. Semakin presisi plakat anda, maka semakin indah pula plakat yang anda hasilkan. Anda harus membuat ukuran yang benar-benar sesuai dengan contoh plakat resin yang hendak anda tiru atau buat. Sebagai permulaan, tidak ada salahnya anda mencoba meniru dari plakat yang telah ada. Hal ini berguna agar anda bisa memahami langkah demi langkah pembuatan plakat dari resin ini.

Dapatkan souvenir berkualitas dan elegan untuk keperluan dan kebutuhan perusahaan Anda, hanya di 1souvenir.id pusat pembuatan berbagai jenis souvenir BERGARANSI dengan harga kompetitif dan mengedepankan kualitas produk. Segera hubungi kontak 1Souvenir.Id yang tertera di website ini untuk info pembuatan dan pemesanan souvenir eksklusif. Untuk anda yang ingin membeli souvenir produk ini bisa anda hubungi kami langsung caranya bisa klik langsung disini

  1. Alat Cetak

Ada banyak bahan dan alat yang dapat digunakan untuk membuat cetakan resin. Bahan yang umum digunakan untuk pembuatan cetakan resin adalah kertas duplek. Anda juga bisa memanfaatkan kertas koran bekas dan lem kayu untuk membuat cetakan ini. Untuk membuat lubang berbentuk cetakan benda yang ingin anda tiru, anda bisa memasukkan contoh benda ke bagian tengah cetakan. Nantinya, bagian berlubang inilah yang akan digunakan untuk membentuk resin. Anda bisa memanfaatkan contoh plakat resin sebagai model dasar pembuatan plakat resin anda.

  1. Bobot Plakat Resin

Resin yang sudah mengering memiliki bobot yang cukup berat, terlebih bila dibandingkan material lain seperti acrylic. Meskipun sama-sama menimbulkan efek transparan yang cukup jernih, resin memiliki masa jenis yang lebih berat dan keras dibanding acrylic. Semakin besar volume plakat yang ingin anda buat, maka tentu akan membuat bobok plakat tersebut semakin berat.

  1. Pengisian Tulisan atau Gambar

Ketika membuat desain plakat fiber atau resin, perhatikan pula tulisan atau gambar yang hendak dicantumkan. Biasanya pada desain plakat resin, gambar atau tulisan ini dicetak pada kertas agak tebal seperti ivory, kemudian dipotong dan dan diletakan pada bagian tengah cetakan. Peletakan tulisan dan gambar ini juga harus dilakukan dengan hati-hati. Peletakannya pun harus tepat dan dilakukan ketika proses pencetakan berlangsung, karena resin yang telah kering akan menyulitkan penempelan kertas atau stiker akibat permukaannya yang licin.

  1. Dudukan atau pigura

Perhatikan pula apakah anda membutuhkan dudukan atau pigura untuk meletakan plakat anda. Banyak plakat yang membutuhkan alas atau dudukan agar plakat dapat diletakan dengan baik. Dudukan plakat ini bisa juga terbuat dari bahan resin yang dicetak bersama dengan atasnya. Bisa juga menambahkan dudukan dari plastik ataupun material lainya. Sementara bagi plakat berbentuk konvensional persegi, biasanya ditambahkan pigura untuk memperlihatkan detail tepinya. Banyak contoh plakat resin memberikan pigura dengan bahan beragam mulai dari platik, alumunium, ataupun stiker sebagai coraknya.

Pesan Sekarang!
Pesan Lewat WhatsApp